Perjalanan Sekejap

Kali ini si tukang jalan melimpir ke #PRAU. Hallo, ini tulisan pertama setelah sekian lama kagak nulis lagi. Kemarin-kemarin tulisan di blog isinya galau semua. Sekarang? Udah moveon? Jelas belom dong. Haha. Sorry, intermezo. Skip galau. 2017 berenti galau :p. Baca sampe abis ya kalo kamu minat, kalo gak minat langsung CLOSE TAB aja. HIHI

SABTU, 22 April 2017
Sebenarnya udah lama disuruh nulis pengalaman selama beberapa hari jadi bocah siluman, tapi kok ya males banget rasanya, demi pembaca setia sekalian aku buang jauh rasa males. Dimulai dari pagi tanggal 22 April 2017 udah pesen ojek online buat ke Bandara. Penerbangan yang awalnya jam 09:10 Pagi diundur jadi 08:20, fix kost-an yang ada di tengah kota kudu berangkat pagi-pagi untuk menghindari macet. Dan setelah halla hallo sama mamang gojek berangkatlah kita, dan aku baru tau kalo jalan menuju bandara ditutup. Dan beruntungnya, driver gojek ini hapal “jalan tikus”, dan alhamdulillah gak ketinggalan pesawat. #skip #skip drama naik gojek, lanjut check in dan selow nungguin pesawatnya landing. Jam 10:00 teng udah di JOGJA aja. #Bahagia

Tak kira sampe Jogja udah langsung cuss, eh kudu nunggu si bocah ababil dulu @bety_kura. Yah mayan lama sikk. Itung-itung nikmatin udara terik di Jogja. Waaahh pas ketemu, sama ni bocah..ahh kangeen..terakhir ketemu itu seinget aku pas aku melimpir kesana 3 tahun lalu. Dan alhamdulillah masih dikasih kesempatan ketemu lagi. Tujuan utama setelah duduk di jok motor “dek, kita lanjut makan. Udah laper. Dan jadilah dua bocah edan makan dulu ke The House Of Raminten. Pesen makanan unik *lupa difoto* jarang foto makanan sikk. :p ayam koteka, kirain ayamnya cuma pake koteka taunya ayamnya dicampur telor dikasih baju dari koteka eh salah bambu. Kelar makan? Kemana? Ke Mangunan. Ekspektasi bakal kece. Dan aahsyudahlah, pake drama nyasar dulu. Tau gitu mah lanjut ke Kebumen aja. Haha. Pantat udah panas motoran pake acara nyasar, betot betot.

Lanjut ke KEBUMEN.. aahhhh kangeeennnn ...
Salah satu Kabupaten di Jawa Tengah yang adem pake bgt. Yang suasana pedesaan yang asri pake bgt. Sesekali kalo Kamu ada waktu, mampirlah kesana. Sampai di sana gak langsung tidur kok. Kita lanjut beli perbekalan buat nanjak. *btw, ini pendakian pertama aku* setelah sekian lama mengidam-idamkan buat nanjak akhirnya kesampean juga.
Kelar belanja belinji lanjut makan malem dong, pengennya sih SOP PAK MIN eh tutup, trus Pengen SOTO SEMARANG tutup juga dan lanjut ke MIE AYAM JEKARDAH ehh TUTUP! Endingnya makan di MALINDO. Ahh masih kek MIMPI, bulan kemarin aku-nya pagi di mana siang di mana malem di mana.

MINGGU, 23 April 2017
Menikmati pagi di alun-alun Kota Kebumen, makan soto yang sempet diidam-idamkan. Ah kangen CFD di sana. Kangen serius..
Rasa-rasanya ke CFD Cuma makan thok, lanjut persiapan buat perjalanan yang lebih menantang. Kemana? Yapp.. PRAU. Pendakian pertama, tjoy. Antusias? Pasti. Padahal kemaren sempet drama gak mau ndaki, dan sekarang teracuni. Pengen ndaki lagi. Pengen nikmati suasana gunung lagi.

Okei, jam 10an kita ke tempat mas Budi dulu, lah wong kita motoran ke DIENG. Perjalanan motoran KEBUMEN-DIENG 4-jam lebih belum ditambah kebelet pipis hihihi. Sampe di DIENG jam 3 sore disambut hujan dueresss sepanjang perjalanan. Aahhh keren, sekalipun pantat udah panas motoran, belom mangku tas gunung yang udah gede, berat lagi. Terbayar sama suasana jalan yang kece. :p
Dan yang gak akan lupa itu, waktu udah  sampe daerah Wonosobo, waktu kita ngomong keluar asep, macem di drama-drama Korea. Saking dinginnya yaakk .
Lanjut ke curhatan si drama korea eh salah si tukang jalan. Sampe di Base Camp itu.......
Calon pendaki atau yang udah turun ndaki itu ruaameee bgt. Musim libur kali ya, dan efek dari FILM 5 Cm yang bikin virus #NAIKGUNUNGITUKEREN. Musti ngantri dulu buat laporan, biar nama Kita yang ndaki itu dicatet sama petugas nya biar gak jadi pendaki ilegal. Kan kudu bayar iuran. Buat apa? Yang buat pemeliharaan gunung hiihi.. *kata bete*

Pendakian jam 4an rasa-rasanya, dimulai. Alhamdulillah sebelum ndaki aku udah lari-lari dulu tiap minggu, jadi otot gak kaget. Nanti aku kasih tips deh buat pemula (berdasarkan pengalaman aku) :p
Kita ndaki disambut sama hujan yang lumayan deres, tapi itu tidak menyurutkan tekad kita buat muncak. Lewati anak tangga yang lumayan tinggi, belum lewatin kebun penduduk. Dan semua itu butuh perjuangan. Sebelum ke puncak kita melewati 3 post. Post pertama masih aman, lanjut ke Post kedua. Mulai muntah-muntah (Makasih genk kura-kura ninja) tetep nungguin aku di barisan belakang, nungguin aku yang pemula dan banyak ngerepotin. Belum cuaca gunung yang dingin pake bgt. Kudu pake sarung tangan karena selain bantu kamu jalan, bantu kamu dari lecet-lecet karena kalo aku sih jalannya banyak merayap.

Mereka (bete, mas budi, mas imbo, hari dan si mas lona) nungguin kalo aku udah mengap. Dan mereka itu SOLID TEAM. “yaudah mba, istirahat dulu”. Banyakan istirahatnya. Jalan dikit, duduk. Kagak bisa liat batu nganggur dikit. Hehe dan yang bikin kita semangat lagi ini, kalo pendaki yang turun ikut nyemangatin “ayo mba dikit lagi post 2”. Magriban di Gunung. Baru kali ini ngalamin, dan itu keren. (Gak sempet foto soalne hape ne matek). Dan terus berlanjut alhamdulillah sampe ke POST 3. Dengan drama, muntah-muntah. Belum capek duduk. Dan..... sampaii di PUNCAK!!! Setelah melawati gunung, jalan terjal. Jalan menuju puncak itu Masya Allah.. bener-bener merayap. Aahhh pertama kali sampe itu, pas dibilangin sama mas-mas yang bareng ndaki (gak kenal soalnya) udah sampe puncak mbak. Hah? Sampe puncak? Noh si BETE gak kasih tau, udah ngap kali ya. Hihih .. alhamdulillah sampe PUNCAK dan dingin bgt. Ya alloh, padahal udah jaket lumayan tebel. Udah sarung tangan (Basah sih sarungnya dipake buat merayap). Cari tempat nge-camp. Udah dingin bgt. Pengen cepet-cepet masuk tenda terus selimutan (maksudnya langsung masuk sleepingbag). Maklum, dari kota yang terkenal puanas ke daerah gunung, nggigil men..

Bermalam di PRAU. Liatin bintang, yang kece bgt, tapi berani bentar doang. Gak sanggup di luar tenda lama-lama. Cuma mitos doang ya yang katanya gak pengen pipis di gunung. Aku buktinya tetep, pengen pipis. Padahal udah minum dikit, tetep bawaan pengen pipis L. Ada tragedi sedih pas Kami udah di Puncak, kira-kira jam 11 malem ada team SARS ngabarin kalo ada 11 Pendaki yang kesamber petir, 3 orang meninggal dunia dan sisanya luka-luka dan trauma. Besok jam 8 kita harus udah di camp. Gak bisa lama-lama di Puncak.

SENIN, 24 April 2017
Pagi, PRAU
Serasa mimpi, bisa nikmatin suasana di puncak gunung. Foto itu bonus. Tapi perjalanan yang amazing bareng mereka itu patut disyukuri. Aahh keren, walau sunrise-nya malu-malu. Tapi view di puncak itu keren. Hamparan bunga daisy, belom lagi penampakan 3 gunung, Sindoro, Sumbing dan  Merbabu. Semoga bisa ke salah satu gunung itu. Pengennya sih ikutan mereka muncak ke Merbabu Agustus besok. Tapi apalah daya, tiada cuti. Ke puncak Cuma nge-pop mie dan itu enak pake bgt. Ahh kangen. Nulis curhatan ini sambil nginget-nginget ngapain aja pas di sana.
Tak kasih liat foto kebersamaan genk kura-kura ninja

(dari kiri ke kanan: mas hari, mas budi, betepao, aku, mas lono, mas imbo)


( Bocah yang sakses bikin saya keracunan ndaki)

(Foto dulu sebelum batre habis)
Pas turun gunung, baru tau kalo jalan yang kita lewatin itu wahh ekstrem. Turun lebih cepet. Tapi, kudu lebih hati-hati. Yang dikangenin lagi dari muncak bareng mereka itu, pas mau ke post 2. Duduk di pinggiran tebing, liatin sawah penduduk dan ngemil buah pir yang adem nya kek keluar dari kulkas. Kamu kudu cobain. Tapi inget ya, pas turun bawalah sampahmu. Cukup kenangan mantan aja yang ditinggal. Sampah jangan.
Dan sesuai janji aku di awal cerita tadi, aku kasih tips buat kalian yang sama kek aku (perdana muncak)
  1. Siapin fisik, duit dan mental :p. Minimal  sebulan ndaki itu kamu harus rajin olahraga, lari-lari kecil 5 kelilingan, seminggu sekali cukuplah.
  2. Terus siapin apa aja yang wajib dibawa, kalau kamu ada penyakit tertentu obatnya kudu dibawa. (pengalaman: selama ndaki penyakit kamu gak akan kumat) buat jaga-jaga obat wajib dibawa.
  3. Bawa jaket tebel (kalo bisa sih yang waterproof. Kalo gak punya pinjem dulu)
  4. Pake sepatu/sendal gunung jgn pake high heels atau wedges.
  5. Usahakan jgn pake celana jeans, kalo bisa celana khusus ndaki. (aku kudu beli, mana tau besok diajak muncak lagi)
  6. Wajib bawa kaos kaki, sarung tangan, biar gak panas boleh deh bawa topi.
  7. Kalau kamu takut item bawa sunblock ya, terus pake handbody lotion (aku kemaren gak bawa dua-duanya, hasilnya kulit merah kemudian gosong). Wajib pake handbody terutama kamu dari daerah yang panas dan kering, karena udara gunung itu lembab. Nanti kulit kamu ngelupas dan kering. Pas turun jadi perih :p
  8. Bawa jas ujan (penting bgt, kadang cuaca di gunung tiba-tiba ujan) kek mantan yang tiba-tiba dtg hubungin kamu haha
  9. Bawa sendal jepit ya gaes, guna bgt pas digunung hihi :p 
  10. Bawa tisue basah dan tisue kering. Guna bgt yakinlah..
  11. Yang paling penting bawa kresek buat bawak balik si sampah. (inget loh jgn ngotorin alam)
Oke gaes, itu dlu tips-tips dari aku si pendaki pemula. Jadi sekarang mulailah nabung buat nyicil beli peralatan gunung (walau belum tau kapan bisa ndaki lagi).

Yang paling penting dan paling utama, kekompakan anggota kamu ya. Jgn sampai kamu tinggalin temenmu karena dia ga sanggup jalan. Dan tulisan ini aku persembahan buat temen-temen yang udah setia nemenin aku smpe puncak. Yang rela  nungguin aku yang kecapekan yang pake acara muntah-muntah. Makasih dan Salim satu-satu buat Beti, mas budi, mas imbo dan yang tiba-tiba nongol di base camp si hari dan mas lono. Hayuk kapan kita ndaki lagi ? J

DAN SORE di hari Senin, kudu balik ke JOGJA lagi. Malemnya nikmatin suasana malioboro, jangan lupa nyicipin kopi joss (aku gak cicip hihih). Dan nasi kucing yang emang enak. Duh, kangen.....

SELASA, 25 April 2017

Pagi, JOGJA!

Sudah di Jogja lagi, pagi-pagi buru-buru cari warnet karena mau tes online suatu instansi (dan gagal) haha.. skip..
Karena rasa lapar akan soal tes yg ngejelimet, akhirnya melimpir ke SOTO di deket rel. Lupa yah nama daerahnya apa. Yang pasti soto nya enak bgt. Tempe nya kriuk-kriuk, ya alloh aku kalo ke Jogja mau kesana lagi. Bisa dipaketin gak ya itu soto? Haha

Balik ke hotel. Cari yang murmer. Kalo gak salah nama hotel Sala3. Hihihi murmer kok. 155rb semalem udah kipasan, shower-an. Sebenernya pengen yang gak pake kipas tapi takut ngapp. *kalo mau cari yang lebih murah browsing di traveloka :p

Kelewat santai, dan ngerikin si bocah yang tepar. Aku hampir ketinggalan pesawat. Drama macet panjang. Dan hampir ikhlas kalo gak dapet pesawat lagi. Udah tau penerbangan jam 10:25 masih leye2 di hotel jam 9an. Dan sok iyes, padahal tau Jogja macet. Dan yang parah itu, gak cek lagi kalo check in di terminal B. Kita markir di terminal A. Jadi waktu udah mepet larii kenceng. Ke terminal B. Maaf beti gak sempet pamitan gak sempet cupika cupiki. Hikss... pelajaran bgt. Harus cek e-ticket sebelum cuss, mana tau kamu cek in di terminal B kek aku. Lumayan loh jarak antara terminal A ke terminal B. Drama belum berakhir, ternyata aku penumpang terakhir yang cek in udah di halo halo-i sama mas-mas di bandara. Dan kamu tau, pesawat nam air parkir di terminal A. Kamu tau? Udah hampir boarding aku harus lari lagi.

Pelajaran lagi: datanglah ke bandara lebih awal, gak usah leyeh-leyeh. Cek e-ticket sebelum kamu trip. Ingetin dimana kamu cek in. Jgn Cuma inget mantan doang :p

SIANG MENDUNG TEPAT JAM 12:00 udah di PALEMBANG lagi.
Sekian.

Sampai jumpa di trip selanjutnya.

See yaa.. dan mari menabung :)

Comments